3 Jalur Pengiriman Cargo Murah yang Bisa Dipilih Berdasakan Tempat Tujuan

Selain pemilihan tarif cargo murah dan terpercaya, kegiatan pengiriman cargo juga harus memerhatikan banyak hal. Salah satu hal yang harus diperhatikan yakni dengan apa barang dikirim atau moda transportasi yang digunakan.

Dalam dunia cargo terdapat beberapa macam moda transportasi yang digunakan. Berdasarkan jalur yang digunakan, pengiriman logistik dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

1. Jalur Darat

Pengiriman cargo melalui jalur darat adalah yang paling umum dan banyak digunakan banyak orang. Pengiriman cargo lewat darat juga dinilai paling murah dan paling mudah.

Contoh pengiriman cargo lewat darat yaitu ketika berbelanja suatu barang di marketplace, pihak cargo akan mengirimkan paket ke tempat tujuan dengan jalur darat. Namun, untuk skala besar, alangkah baiknya menghubungi langsung pihak penyedia jasa cargo yang bagus dan bernegosiasi sendiri agar didapatkan harga cargo murah.

Untuk moda transportasi yang digunakan untuk pengiriman cargo lewat jalur darat ada banyak macam, yang paling umum yaitu menggunakan truk-truk dan kontainer lokal. Bisa juga dengan menggunakan mobil apabila jumlah barang tidak terlalu banyak. Diskusikan dengan pihak penyedia jasa cargo agar dapat memilih moda transportasi yang tepat.

Pengiriman cargo lewat jalur darat hanya bisa diperuntukkan untuk tempat tujuan yang masih satu daratan atau satu pulau. Apabila harus melewati laut, maka perlu moda transportasi laut dan udara dalam pengirimannya.

Cargonesia merupakan pilihan terbaik jika anda ingin menggunakan jalur darat untuk pengiriman antar kota ataupun provinsi.

2. Jalur Laut

Untuk mengatasi wilayah yang dipisahkan oleh lautan, tentu pengiriman diperlukan moda tranportasi laut, yaitu kapal. Sebelum barang dikirimkan melalui kapal, harus diangkut terlebih dahulu menggunakan tranportasi darat ke pelabuhan keberangkatan. Setelah sampai di pelabuhan tujuan, barang juga harus diangkut kembali menggunakan moda transportasi darat seperti truk. Jadi, prosesnya sedikit lebih panjang dibanding dengan menggunakan transportasi darat saja.

Pengiriman menggunakan jalur laut sangat diperlukan untuk melakukan perdagangan antar pulau bahkan antar negara. Seperti negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau sangat diperlukan jalur laut untuk pengiriman ke berbagai wilayah. Sehingga sarana pelabuhan merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang pengiriman barang.

Untuk kapal yang digunakan sangatlah beragam, ada kapal cargo yang biasa mengangkut barang dengan kontainer. Ada pula kapal ferry yang bisa sekaligus mengangkut truk cargo di dalamnya. Semuanya tergantung kebutuhan pengirim.

3. Jalur Udara

Pengiriman jalur lewat udara tentu saja menggunakan pesawat terbang. Sama seperti jalur laut, diperlukan transportasi darat terlebih dahulu untuk mengangkutnya ke bandara. Setelah itu, baru bisa diterbangkan ke tempat tujuan.

Untuk jenis pesawat yang digunakan ada pesawat cargo yang hanya khusus mengangkut cargo saja. Kelebihan dari pesawar cargo ini adalah bisa mengangkut lebih banyak cargo dalam jumlah besar dan ukuran besar. Selain pesawat cargo, juga ada pesawat komersil atau pesawat penumpang yang bisa mengangkut cargo juga. Namun, jumlahmya hanya terbatas dan hanya bisa mengangkut barang dengan ukuran kecil.

Keuntungan menggunakan jalur udara yaitu, waktu tempuh yang singkat sehingga sangat cocok untuk barang yang mudah rusak, seperti produk perikanan dan produk pertanian. Hanya saja, tarifnya memang jauh lebih mahal. Kebanyakan pengiriman cargo lewat udara ditujukan untuk wilayah yang jauh seperti pengiriman antar negara.

Nah, itulah berbagai jalur pengiriman cargo yang bisa dipilih tergantung dari tempat dan wilayah yang dituju. Mulai dari jalur darat, laut, hingga udara. Pastikan untuk selalu memilih penyedia jasa cargo yang terpercaya untuk memastikan keamanan barang yang dikirim.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *