Perkiraan Biaya Rontgen (CT Scan) di Rumah Sakit

Kebanyakan orang yang memeriksakan dirinya pada dokter dan mendengar CT scan pasti akan langsung mempertimbangkan untuk tidak melakukannya karena berbagai alasan. Salah satunya adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan tes tersebut. Tapi, benarkah biaya yang dibutuhkan semahal dugaan kita? Sebenarnya berapakah biaya CT scan tersebut? Apakah tes ini juga ditanggung oleh  BPJS Kesehatan? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

CT scan atau Computerized Tomography Scan adalah pemeriksaan kesehat menggunakan mesin komputer yang telah dilengkapi dengan X-ray. Dalam pemeriksaan ini, tubuh orang yang diperiksa akan masuk kedalam sebuah tabung, kemudian alat scan tersebut melakukan pemindaian terhadap seluruh tubuh dan dari berbagai sudut.

Perbedaan CT scan dengan X-ray adalah hasil dari CT scan lebih detail, karena CT scan juga menghasilkan data tentang jaringan lunak, pembuluh darah, dan komposisi-kmposisi tulang di seluruh tubuh. Dokter biasanya merekomendasikan CT scan untuk mengetahui kondisi bagian-bagian tubuh yang sulit dijangkau oleh X-ray, seperti bahu, kepala, jantung, perut, lutut dan dada dalam.

Kemudian, berapa sebenarnya biaya untuk melakukan CT scan yang harus kita siapkan? Satu hal yang perlu diingat adalah biaya CT scan diklasifikasikan sesuai beberapa kategori, seperti bagian yang akan diperiksa, kualitas pemeriksaan yang diinginkan, dan fasilitas yang digunakan. Menurut Peraturan Menteri Keuangan yang tercantum pada Nomon 178/PMK.05/2020, standar untuk biaya CT scan di suatu Rumah Sakit milik Negara adalah sebagai berikut:

  • CT Scan Non-kontras: Rp 1.300.000,- sampai Rp 2.200.000,- sekali tindakan
  • CT Scan Kontras: Rp 1.350.000 sampai Rp 3.850.000,- sekali tindakan
  • CT Scan Angiography (dengan zat kontras): Rp 2.750.000,- sampai Rp 8.250.000,-
  • CT Scan 3 Dimensi: Rp 1.100.000,- sampai Rp 1.750.000,- sekali tindakan
  • CT Scan Guided Biopsy: 1.350.000,- sampai Rp 1.450.000,- sekali tindakan
  • CT Scan Cardiac: Rp 1.350.000,- sampai Rp 3.500.000,- sekali tindakan
  • CT Scan lain-lain: Rp 1.350.000,- sampai Rp 3.300.000,- sekali tindakan

Perkiraan biaya di atas bisa saja lebih besar dari biaya aktual, karena belum termasuk biaya dokter, perawatan penunjang dan hal-hal lain yang akan diperlukan. Oleh karena itu, sediakan setidaknya biaya yang lebih banyak dari perkiraan biaya di atas.

Untuk BPJS sendiri, memberikan jaminan pemeriksaan CT scan dengan gratis, sesuai dengan rekomendasi dokter. Selain itu, peserta yang menjalani prosedur CT scan juga bisa menjalani prosedur perawatan sesuai diagnose dokter yang telah melakukan pemeriksaan CT scan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *